Kamis, 19 April 2012

Tugas minggu ke-1 ilmu budaya dasar


Tinjauan tentang ilmu budaya dasar
            Ilmu ini mengajarkan bagaimana budaya disekitar kita, kandungan nilai yang ada didalamnya, dan sepeti apa masalah-masalah budaya yang ada di sekitar kita. Bagaimanakah pola fikir kita dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia tak bisa hidup tanpa berbudaya.
            Maka kita manusia harus bisa mengerti apa yang dimaksud dengan  ilmu budaya dasar, agar kita dapat mengatasi masalah- masalah budaya yang ada di sekitar kita.
Ilmu budaya dasar bagian dari mata kuliah dasar umum dilihat dari sisi tujuannya
1.      Mata kuliah pendidikan kewarganegaraan, yang memiliki tujuan untuk mendidik kita agar berbudaya mencintai dan mempunyai rasa memiliki pada bangsa kita.
2.      Mata kuliah agama, memiliki tujuan untuk berbudaya dalam besikap dengan orang lain agar kita dapat menghotmati orang lain,dan tidak membeda-bedakan orang lain dari sisi apapun.
3.      Mata kuliah bahasa indonesia, mempunyai tujuan agar kita berbudaya dalam bertutur kata di masyarakat.
Pengertian ilmu Budaya Dasar
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities". Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Tujuan Ilmu budaya Dasar Dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Tujuan dasar dari IBD ini tidak lain adalah untuk memberikan pengetahuan dasar danpengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai persoalan budaya serta persoalan yang dihadapi manusia. Selain itu IBD tidak bermaksud menggambarkan disiplin ilmu yang merujuk hanya satu bidang saja, melainkan mengambarkan berbagai disiplin ilmu termasuk di dalamnya pengetahuan budaya (the humanities).
Jika diperinci maka beberapa tujuan pengajaran ilmu budaya dasar itu adalah :
1.      lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri.
Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan kebudayaan.
Memiliki latarbelakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan indonesia,
Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
Mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri dengan kreatif.
Tidak terjerumus terhadap sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu.
Menambahkan kemampuan mahasiswa untuk menanggapi masalah nilai-nilai budaya dalam masyarakat indonesia dan dunia tana terpikat oleh disipin mereka.
Mempunyai kesamaan bahan pembicaraan, tempat berpijak mengenai masalah        kemanusian dan kebudayaan.
Ruang lingkup budaya dasar meliputi:
1.      Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

2.      Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar