Kamis, 06 Desember 2012

KOMPUTER & PENDIDIKAN


KOMPUTER & PENDIDIKAN

Komputer merupakan alat bantu manusia dalam melakukan segala hal, baik dalam membatu pekerjaan maupun dalam hal pendidikan. Dan komputer pun menjadi tidak bias di pisahkan lagi dalam kehidupan kita sehari-hari, karna dengan komputer memudahkan kita dalam melakukan suatu kegiatan.
*        PERKEMBANGANNYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).
Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis.

*        MANFAATNYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Komputer dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang banyak sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh yaitu menggunakan media internet jadi sebagai contohnya siswa tidak perlu jauh-jauh pergi kesekolah tetapi hanya dengan fasilitas internet di rumah akan bias berhadapan langsung dengan gurunya. Internet sekarang juga sebagai kelas jarak jauh FKIP untuk penyetaraan guru-guru SD. Manfaat komputer di bidang pendidikan banyak sekali diantaranya :

1. Sebagai alat presentasi
Dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan siswa yang mempresentasikan hasil penelitian ataupun tugas-tugas  mereka.

2. Sebagai pengganti mesin ketik
Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.

3. Sebagai alat hitung
Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga pembagian. Dan biasanya sering digunakan oleh para pengajar untuk mendata siswa ataupun nilai-nilai mereka.



4. Sebagai media komunikasi dan Informasi
Internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain. Sehingga untuk berkomunikasi ataupun mencari informasi ataupun data menjadi lebih mudah. Seperti dengan adanya “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa adanya tatap muka langsung. Dan dengan adanya banyaknya situs pencarian seperti “Google” memudahkan kita dalam mencari informasi ataupun data. Ditambah dengan munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
5. Sebagai alat managemen
Dengan  adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi  sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.

Karna sebab-sebab itulah pendidikan tentang komputer itu sangat diperlukan dan harus mulai di ajarkan sejak dini, karna teknologi berkembang dengan sangat pesat. Tetapi dalam pemanfaatan teknologi ini memang harus dapat di control, karna bukan hannya ada efek positifnya saja tetapi pasti ada efek negatifnya.
Memang sangat di sayangkan hal yang sebaik ini digunakan untuk hal-hal yang tidak benar, padahal banyak sekali hal-hal yang lebih berguna dan bermanfaat yang bisa kita peroleh dari komputer . Dan ini membuktikan bahwa para pelajar belum bisa memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar